LHOKSEUMAWE – Wakapolres Lhokseumawe Kompol Imam Asfali, S.Ik selaku inspektur upacara kenaikan pangkat menyebutkan, kenaikan pangkat merupakan wujud nyata pengakuan dan penghargaan yang diberikan oleh negara kepada para personel atas prestasi, dedikasi dan kualitas pengabdian yang telah ditunjukkan selama mengemban tugas.

Saya perlu mengingatkan agar kenaikan pangkat ini disyukuri dengan hati yang tulus sebagai sebuah anugerah, sekaligus disikapi sebagai sebuah tantangan yang menuntut semakin meningkatnya kedewasaan dalam berfikir, bersikap dan berbuat sesuai dengan tugas dan wewenang yang dipercayakan dipundak masing-masing,” imbuh AKBP Ari Lasta Irawan, S.Ik diwakili Wakapolres Lhokseumawe Kompol Imam Asfali, S.Ik saat memimpin upacara gelar korp raport kenaikan pangkat personil di halaman Mapolres setempat, Rabu (04/07).

Kompol Imam Asfali menyebutkan kenaikan pangkat ini mengandung konsekuensi dan kewajiban untuk menjaga, memelihara, serta menjunjung tinggi kehormatan yang diberikan dengan senantiasa mengimplementasikannya baik dalam pelaksanaan tugas sesuai fungsi dan kewenangannya, maupun dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga dan masyarakat.

“Semestinya semakin tinggi pangkat berarti identik dengan semakin tinggi pula tugas dan tanggung jawab yang harus diembannya.”sebutnya saat membacakan amanah Kapolres

Dikatakannya, hari ini sebanyak 16 personil yang terdiri dari perwira, bintara dan Pns Polri naik pangkat setingkat dari sebelumnya.

Adapun 16 personil yang naik pangkat yakni, Aiptu ke Ipda 1 orang, beliau naik pangkat katageri pengabdian, kemudian Bripka ke Aipda lima orang, Brigadir ke Bripka empat orang, Briptu ke Brigadir tiga orang dan Bripda ke Briptu dua orang.

Selanjutnya, ditambah Satu personil Brimob yang bertugas di Den B Jeulekat naik pangkat dari Brigadir ke Bripka, sehingga keseluruhan personil yang naik pangkat hari ini berjumlah 17 orang.”tuturnya

Pesan Kapolres

Pertama-tama saya menyampaikan ucapan selamat dan rasa bahagia kepada personil dan asn polres lhokseumawe yang pada hari ini dilantik untuk dinaikkan pangkatnya setingkat lebih tinggi dan juga ucapan terima kasih kepada personil polres lhokseumawe yang telah melaksanakan dinas secara baik dan benar sehingga terciptanya jiwa personil yang disiplin selama melaksanakan tugas.

Kenaikan pangkat merupakan wujud nyata pengakuan dan penghargaan yang diberikan oleh negara kepada para personel atas prestasi, dedikasi dan kualitas pengabdian yang telah ditunjukkan selama mengemban tugas.

Saya perlu mengingatkan agar kenaikan pangkat ini disyukuri dengan hati yang tulus sebagai sebuah anugerah, sekaligus disikapi sebagai sebuah tantangan yang menuntut semakin meningkatnya kedewasaan dalam berfikir, bersikap dan berbuat sesuai dengan tugas dan wewenang yang dipercayakan dipundak masing-masing, para personel yang mendapatkan promosi kenaikan pangkat dan golongan hendaknya memahami bahwa dibalik penghargaan ini, mengandung konsekuensi dan kewajiban untuk menjaga, memelihara, serta menjunjung tinggi kehormatan yang diberikan dengan senantiasa mengimplementasikannya baik dalam pelaksanaan tugas sesuai fungsi dan kewenangannya, maupun dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga dan masyarakat.

Kehormatan ini mempunyai makna sebagai tantangan terhadap peningkatan kemampuan dalam mengemban tugas jabatan serta memberikan kontribusi nyata dan pengabdian terbaik bagi pengembangan kedepan. Oleh karena itu, semestinya semakin tinggi pangkat berarti identik dengan semakin tinggi pula tugas dan tanggung jawab yang harus diembannya.

Berkaitan dengan tantangan tugas yang akan kita hadapi kedepan, saya harapkan moment kenaikan pangkat yang di berikan kepada personel ini bisa benar-benar membawa perubahan baik sikap, etika dan tanggung jawab terhadap tugasnya dan dijadikan sumber motivasi serta inspirasi untuk memantapkan moralitas dan etika profesi, sehingga tidak mudah tergoyahkan oleh hal-hal yang dapat merugikan satuan dan citra diri sendiri serta terus berupaya untuk meningkatkan profesionalisme dalam pelaksanaan tugas. Oleh karena itu juga kita harus dapat tampil sebagai sosok panutan yang dapat dibanggakan bagi satuan, keluarga serta lingkungannya, juga harus mampu meng-aktualisasikan makna pangkat yang disandang dan jabatan yang diemban saat ini secara benar, baik terhadap diri maupun lingkungan dimanapun berada, sehingga dalam sanubari tertanam suatu pemahaman dan sikap bahwa, kenaikan pangkat hanya diberikan kepada personil yang berprestasi dan berhak menerimanya.

Saya mengucapkan terima kasih kepada para istri personil yang setia mendampingi, sekaligus sebagai orang yang berperan besar dalam karir suaminya, karena sangatlah penting membangun dan membina keharmonisan rumah tangga yang didasari dengan kesetiaan, rasa tanggung-jawab yang tinggi dan kerja keras.

Kepada seluruh personil jajaran polres lhokseumawe, mari kita selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa, ikhlas, penuh kesadaran dan menjadikan pelaksanaan tugas sebagai ibadah, siapkan fisik dan mental yang dilandasi oleh komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, hindari sikap dan tindakan-tindakan tidak simpatik dan arogansi yang tidak mencerminkan karakter jati diri sebagai sosok pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Saya selaku kapolres lhokseumawe, berharap kepada seluruh personil sekalian, agar melaksanakan tugas mulia kedepan dengan penuh keikhlasan dan rasa tnggung jawab, bekerjalah secara profesional dengan tetap memperhatikan kewaspadaan dan kesiapsiagaan.