BANDA ACEH – Berkas dukungan persyaratan dua bakal calon (Balon) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) atau Senator asal Aceh di tolak oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh.

Kedua berkas dukungan yang ditolak oleh KIP Aceh tersebut yakni berkas milik Anizar Zainal dan Hamdani Makam Albarjaber.

Komisioner KIP Aceh Junaidi menyebutkan hasil verifikasi administrasi berkas yang dilakukan KIP, kedua berkas balon senator itu tidak cukup dukungan minimal sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan yakni dua ribu dukungan kartu tanda penduduk (KTP) elektronik dan harus tersebar di 50 persen setiap kabupaten kota di Provinsi Aceh.

“Setelah kita lakukan verifikasi ternyata kedua balon senator tidak cukup dukungan minimal yang telah ditentukan. Makanya berkasnya kita tolak,” kata Junaidi, Sabtu (28/4).

Junaidi juga menyebutkan sejak dibukanya penyerahan berkas mulai 22 hingga 26 April 2018 tercatat 30 bakal calon senator yang telah menyerahkan berkas dan dinyatakan memenuhi persyaratan dukungan minimal.

“Jika nantinya ditemukan ada kegandaan dukungan KTP maka KIP akan menyurati pihak bersangkutan untuk dilakukan perbaikan,” ungkapnya.