Sebanyak 44 dari 377 peserta calon anggota Panwascam ‎yang telah dinyatakan lulus tes adminitrasi oleh Panwaslu Kabupaten Aceh Tamiang tidak mengikuti tes tulis yang berlangsung dini hari, Selasa (21/11) di lapangan Darwis Futsal Kampung Durian, Kecamatan Rantau, Aceh Tamiang.

“Belum ada alasan yang jelas kenapa 44 peserta yang telah lulus adminitrasi, namun tak ikut ujian tulis hari ini,” kata Ketua Pokja Perekrutan Panwascam Kabupaten Aceh Tamiang, Imran.

Imran menjelaskan, ‎dalam tes tulis ini peserta diberi waktu selama 120 menit untuk mengerjakan 100 soal pilihan ganda tentang kepartaian, kepemiluan, bawaslu dan muatan lokal.

“Tahap tes tulis ini sangat ketat, artinya dari jumlah peserta sebanyak 333 yang mengikuti tes hanya tersisa untuk masuk tes wawancara hanya 72 orang,” kata Imran.

Dari 72 peserta yang lolos tes tulis ini, kata Imran, masing-masing enam orang untuk setiap kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Tamiang.

Proses tes tulis, kata Imran, tidak akan terjadi kecurangan. Karena prosesnya diawasi langsung oleh tim Bawaslu Aceh.

“Dijamin tak ada kecurangan, karena soal tes tulisnya saja baru tiba hari in yang di bawah langsung oleh perwakilan Bawaslu Aceh yang dipimpin oleh Tim Asistensi Bawaslu Aceh, Ramzi ,” jelas Imran.

Imran menjelaskan, setelah selesai ujian, lembaran soal langsung dibakar oleh petugas dan disaksikan oleh peserta.