SG – Zidane Zidane membuat keputusan mengejutkan dengan meninggalkan kursi pelatih Real Madrid. Keputusan itu diambil Zidane saat jumpa pers di Santiago Bernabeu, Kamis (31/5/2018), atau hanya lima hari setelah meraih gelar Liga Champions.

Pelatih berusia 45 tahun memutuskan mundur dari Real Madrid karena merasa memerlukan perubahan. Zidane merasa keputusan yang diambilnya sudah tepat.

“Saya tahu ini momen yang aneh bagi semua orang. Tapi, saya pikir ini keputusan yang tepat,” ujar pelatih asal Perancis seperti dilansir AS.

Zidane resmi menjadi pelatih Real Madrid menggantikan Rafael Benitez yang dipecat pada 4 Januari 2016. Ketika itu, legenda hidup timnas Prancis disodori kontrak selama dua setengah tahun.

Selama menukangi Real Madrid, Zidane berhasil mempersembahkan sembilan gelar. Catatan paling mengesankan saat mengantarkan Los Merengues mengukir rekor tiga kali beruntun menjuarai Liga Champions.

Keputusan Zidane melepaskan jabatan pelatih memunculkan isu mengenai suksesornya di Real Madrid. Berikut lima pelatih yang disebut-sebut bakal bersaing menggantikan posisi legenda hidup timnas Prancis tersebut.

Antonio Conte

Posisi Antonio Conte sebagai manajer Chelsea masih menjadi tanda tanya besar. Conte kerap diisukan bakal digantikan oleh eks pelatih Napoli, Maurizio Sarri, pada musim panas nanti.

Karier Conte di Chelsea sebenarnya terbilang lumayan. Juru racik formasi asal Italia itu berhasil memberikan gelar Premier League dan Piala FA.

Arsene Wenger

Pelatih gaek Arsene Wenger ikut meramaikan bursa calon pelatih pengganti Zidane di Real Madrid. The Professor berpeluang jadi pelatih Real Madrid karena sudah memutuskan pergi dari Arsenal.

Wenger menjadi pelatih Arsenal selama 22 tahun. Dalam rentang waktu itu, ia mempersembahkan tiga gelar Premier League dan tujuh gelar Piala FA.

Mauricio Pochettino

Mauricio Pochettino sudah sejak beberapa waktu terakhir dikaitkan dengan Real Madrid. Rumor manajer Tottenham Hotspur itu muncul seiring performa buruk Real Madrid di La Liga dan Copa del Rey.

Pochettino memiliki kapabilitas untuk menjadi pelatih Los Merengues. Hal ini lantaran ia berhasil membuat The Lilywhites menjadi tim yang disegani di Premier League.

Massimiliano Allegri

Sosok Massimiliano Allegri masuk dalam bursa calon pelatih anyar Real Madrid. Allegri masuk nominasi seiring performa impresif Juventus di pentas domestik.

Teranyar, Allegri berhasil mengantarkan Juventus meraih scudetto. Gelar itu merupakan yang ketujuh secara beruntun bagi Bianconeri.

Guti Hernandez

Eks pemain Real Madrid itu berstatus pelatih tim Juvenil B. Eks pemain yang berseragam Real Madrid selama 15 tahun itu sudah tiga musim berstatus pelatih junior.

Samal halnya seperti Zidane, Guti sangat mungkin promosi ke tim senior Los Merengues. Statusnya sebagai legenda Real Madrid membuatnya tidak akan kesulitan mendapatkan dukungan suporter walau minim pengalaman.

Sumber: bola.com