BANDA ACEH – Lima Kecamatan mendukung upaya pembentukan Kota Panton Labu sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB), dan berpisah dari kabupaten induk yakni Aceh Utara.

Ketua Komite Pemekaran DOB Kota Panton Labu, Hendra Nurdin mengatakan, proses pemekaran pemekaran ini telah mendapatkan dukungan dari lima Kecamatan di Aceh Utara antara lain Tanah Jambo Aye, Seunuddon, Langkahan, Baktiya dan Baktiya Barat.

“Saat ini lima kecamatan sudah mendukung pembentukan DOB Kota Panton Labu,” kata Hendra Nurdin saat membuat jumpa pers usai melakukan Focus Group Discussion (FGD) di Banda Aceh, Sabtu (7/4).

Kata Hendra, tuntutan pemekaran ini juga sudah mendapatkan persetujuan dari para Keuchik dan masyarakat di lima kecamatan tersebut, maka dari itu saat ini panitia sudah mengantongi salah satu persyaratan yang hendak diajukan kepada Pemerintah Aceh dan Pusat, sehigga mereka akan mempersiapkan administrasi lainnya seperti rekomendasi dari Gubernur Aceh dan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA).

Hendra menyebutkan, dasar pemekaran DOB Kota Panton Labu ini dibentuk diantaranya sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat lebih baik dan efektif, apalagi Aceh Utara merupakan kabupaten yang cukup luas.

“Kita sudah mengantongi dukungan dari 186 gampong, 148.500 jiwa, dengan luas wilayah 665 Km2 dari lima kecamatan ini,” ujarnya.

Hendra menuturkan, upaya pemekaran ini juga mendapatkan dukungan dari Pemerintah kabupaten induk, hal ini terlihat dari hadirnya Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf untuk membuka FGD persiapan lahirnya DOB Kota Panton Labu, dan juga turut dihadiri Pimpinan DPRK Aceh Utara.

“Untuk Sumber Daya Manusia (SDM) nya juga sangat memadai, dan komunikasi dengan Pemerintah Aceh Utara baik,” tuturnya.

Hendra menegaskan, mereka sangat serius melakukan upaya pemekaran yang sudah dimulai sejak Juli 2017 lalu ini, apalagi langkah tersebut telah disahuti para stakeholder di Aceh dan khususnya masyarakat sendiri.

Tak hanya di Aceh, lanjut Hendra, komite persiapan pemekaran juga terus membangun komunikasi dengan Ditjen Otonomi Daerah (Otda) di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), serta memantau setiap proses yang dilaksanakan.

Karena itu, pihaknya akan segera menggelar deklarasi persiapan pemekaran DOB Kota Panton Labu ini pada akhir April 2018 nanti.

“Minggu ketiga bulan April ini kemungkinan kita lakukan deklarasi di Panton Labu,” pungkas Hendra.