SG – Real Madrid berhasil meraih gelar ke-13 atau gelar ketiga secara beruntun di Liga Champions musim ini. Sukses yang diraih Los Merengues tercipta berkat keberadaan para pemain top yang menghuni skuat tim ibukota Spanyol.

Tim yang musim lalu diarsiteki Zinedine Zidane diperkuat para pemain berkelas hampir di semua lini, mulai dari Sergio Ramos, Toni Kroos, Isco Alarcon, Gareth Bale, hingga Cristiano Ronaldo.

Beberapa pemain yang menghuni skuat Real Madrid pun dianggap cocok jika hengkang ke Barcelona. Hal ini dikarenakan kualitas mumpuni yang dimiliki para pemain tersebut.

Perpindahan pemain di antara kedua tim memang bukan hal yang tabu meski tidak sering terjadi. Dua transfer yang paling menyita perhatian saat Luis Enrique memutuskan berkostum Barcelona dan Luis Figo diboyong dengan transfer fantastis oleh Real Madrid tahun 2000 silam.

Di bawah ini ada lima pemain Real Madrid yang dianggap pantas bermain di Barcelona. Siapa saja para pemain tersebut?

Mateo Kovacic

Gelandang berusia 24 tahun dianggap pantas memakai seragam Barcelona. Kemampuannya yang di atas rata-rata dianggap bisa bersaing jika hengkang ke rival abadi Real Madrid tersebut.

Kovacic jelas bukan pemain sekelas Andres Iniesta. Namun, mantan pemain Inter Milan bisa menjadi partner yang cocok untuk Sergio Busquets di lini tengah dalam formasi 4-4-2.

Kovacic memiliki kemampuan melakukan dribel yang bagus. Namun, ia jarang dapat kesempatan tampil karena performa impresif yang ditunjukkan trio Casemiro, Luka Modric, dan Toni Kroos di lini tengah Real Madrid.

Raphael Varane

Barcelona punya rapor lini belakang yang bagus sejak ditukangi Ernesto Valverde. Namun, sosok Raphael Varane dianggap bisa memberikan nilai tambah untuk pertahanan tim Catalan.

Sejak pensiunnya Carles Puyol, Barcelona hanya mengandalkan seorang Gerard Pique. Ia pun kerap berganti-ganti pasangan mulai dari Javier Mascherano, Jeremy Mathieu, hingga kini Samuel Umtiti.

Di sisi lain, Varane terus berkembang di Real Madrid. Pemain yang diboyong pada era Jose Mourinho itu bahkan sudah menjadi duet sehati Sergio Ramos di jantung pertahanan.

Karim Benzema

Bomber asal Prancis ini mengalami musim yang buruk di Real Madrid. Namun demikian, posisinya sulit digeser oleh pemain lain karena selalu mendapatkan kepercayaan dari Zinedine Zidane.

Meski mengalami masalah mencetak gol, Benzema punya kemampuan yang sangat baik sebagai pemain penghubung antara lini tengah dan lini depan. Luis Suarez memang cukup produktif dengan mencetak 25 gol, namun untuk menjadi pemain penghubung, Benzema lebih baik ketimbang Suarez.

Dani Carvajal

Pemain berusia 26 tahun merupakan andalan di posisi bek kanan Real Madrid sejak beberapa musim terakhir. Carvajal merupakan satu di antara sosok kunci di balik sukses Real Madrid menjuarai Liga Champions musim ini.

Satu tempat di tim inti hampir pasti didapat Carvajal jika hengkang ke Barcelona. Hal ini dikarenakan secara kualitas, Sergi Roberto dan Nelson Semedo, masih kalah dibandingkan Carvajal.

Barcelona memang masih mencari sosok ideal di posisi bek kanan sejak kepergian Dani Alves tahun 2016.

Toni Kroos

Pemain sekelas Toni Kroos jelas cocok bermain di klub mana pun. Visi bermain dan skill di atas rata-rata membuat Kroos menjadi sosok pemain idaman bagi setiap pelatih.

Di Barcelona, sosok Kroos bakal dengan mudah mendapatkan posisi inti. Apalagi setelah tim Catalan ditinggal Andres Iniesta yang memutuskan bergabung dengan klub Jepang, Vissel Kobe, pada 1 Juli mendatang.