Jakarta – Ketua Majelis Pertimbangan Cabang Partai Bulan Bintang (PBB) Kabupaten Aceh Utara, Tgk Abdul Manan HS ikut serta dalam ‘aksi damai bela bulan bintang’ di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat siang (2/3/2018). Aksi damai yang dikoordinir oleh pengurus pusat PBB ini juga diikuti oleh berbagai ormas Islam seperti FPI, LIRA dan persaudaraan alumni 212.

Tgk Abdul Manan ketika dihubungi seusai aksi damai mengatakan, aksi hari ini merupakan puncak dari gelaran aksi damai yang juga telah dilakukan sehari sebelumnya.

“Ini hari kedua kita melakukan aksi damai. Aksi ini sebagai bentuk protes kepada KPU pusat yang tidak meloloskan PBB sebagai peserta Pemilu 2019” ujar Tgk Manan.

KPU sebelumnya melalui Surat Keputusan Nomor 58/PL.01.1.-Kpt/03/KPU/II/2018 tentang penetapan parpol peserta Pemilu 2019, tidak mengikutsertakan partai asuhan Prof Yusril Ihza Mahendra. PBB disebut KPU, Tidak Memenuhi Syarat (TMS) pada verifikasi faktual di Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), Provinsi Papua Barat. Dampaknya, PBB gagal berkontestasi secara nasional.

Kuasa hukum PBB yang dipimpin oleh Prof Yusril menggugat keputusan ini ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI. Bawaslu telah memediasi antara dua pihak pada Jumat dan Sabtu (23-24 Februari 2018). Pada dua kesempatan mediasi ini, tidak ada titik temu. Permasalahan ini kemudian dibawa ke sidang adjudikasi yang dimulai sejak Senin (26/2) awal pekan ini.

“Hingga hari kelima sidang adjudikasi terlihat sangat kental upaya pihak-pihak tertentu untuk menjegal langkah PBB. Ini terbukti berdasarkan pengakuan Komisioner KPU Mansel itu sendiri dalam persidangan, yang mengaku merubah berita acara penetapan parpol dari MS (Memenuhi Syarat) menjadi TMS” ujar Tgk Abdul Manan.

“Sebagai bentuk perlawanan, kita melakukan aksi damai untuk memprotes keputusan KPU. Aksi hari kedua ini juga diikuti oleh massa kader partai dari daerah, FPI, LIRA dan persaudaraan alumni 212” ujar pria asal Baktiya ini yang sehari sebelumnya didaulat sebagai orator mewakili Aceh untuk menyampaikan aspirasi kader dari daerah.

Sidang adjudikasi yang dipimpin oleh Ketua Bawaslu RI, Abhan, telah mendengar materi gugatan oleh PBB sebagai Pemohon dan jawaban KPU RI sebagai Termohon. Selanjutnya, sidang juga telah mendengarkan keterangan dari pengurus PBB Manokwari Selatan dan keterangan dari KPUD Mansel. Serta hari ini mendengarkan keterangan ahli dari Pemohon.

“Kita menunggu keputusan sidang adjudikasi yang akan diputuskan selambat-lambatnya tanggal 5 Maret nanti. Semoga PBB kembali ditetapkan sebagai peserta Pemilu. Kami mohon doa dan dukungan dari masyarakat Aceh, agar partai Islam ini dapat kembali berkiprah dalam kancah politik tanah air” demikian Tgk Abdul Manan.