Jakarta – Kabar pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (RAPBA) 2018 melalui Peraturan Gubernur (Pergub) Aceh, masih simpang siur. Belum ada penjelasan resmi Pemerintah Aceh, terkait persetujuan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Komulo. Namun, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf telah menggambarkan RAPBA 2018 akan disahkan melalui Pergub. “Alhamdulillah APBA sudah disahkan oleh Menteri Dalam Negeri tgl 21 Maret 2018,” tulis Irwandi di akun Facebooknya, Rabu (21/3/18).

Jika benar RAPBA 2018 disahkan melalui Pergub Aceh, maka dipastikan Aceh akan rugi sebesar Rp. 230 miliar,”bahwa jika terjadi Pergub RAPBA 2018, maka konsekuensi nya, dana sebesar Rp. 230 miliar tidak dapat dipergunakan oleh Pemerintah Aceh kedepan,” jelas Direktur Penataan Daerah, Otsus dan DPOD Dr. Yusnarto, M.Pd dalam pertemuan dengan, Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud Al- Haytar, di Kantor Mendagri RI, Jakarta Pusat, Rabu, (21/3/18).

Menurut Yusnarto, dalam aturannya disebutkan Pagu APBA 2018 tidak boleh lebih dari APBA 2017 atau sebesar Rp. 14,9 trilium setelah APBA-P 2017 lalu. Namun, karena ada kenaikan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA), maka Pagu APBA 2018 hanya sebesar Rp. 15,149 triliun,”seandainya melalui qanun maka potensi Pagu RAPBA 2018 mencapai Rp. 15,3 triliun lebih,” ungkap Yusnarto, disaksikan Senator DPD RI Fachrul Razi, dan Sekjen DPA- Partai Aceh Kamarudddin Abubakar, yang ikut serta dalam pertemauan itu.

Sebelumnya, Pemerintah Aceh telah mengajukan Kebijakan Umum Anggaran dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) pada DPR Aceh, sekira Agustus 2107. Namun, DPR Aceh menganggab KUA-PPAS, yang diajukan tidak sesuai dengan Rencana Pembanguna Jangka Menengah (RPJM) Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah.

Kemudian, Pemerintah Aceh langsung menyerahkan RAPBA 2018 untuk dibahas. Namun, DPR Aceh tidak menyahuti permintaan eksekutif tersebut. Menurut DPR Aceh, mereka belum menyepakati pembahasan KUA-PPAS, dan tidak mungkin menyepakati RAPBA. Sehingga terjadi deadlock. Sehingga, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf mengajukan Pergub RAPBA 2018, pada Mendagri RI, Tjahjo Kumolo.