Foto Ilustrasi (Ist)

BANDA ACEH – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah mengirim delegasi dari daerah setempat untuk mengikuti International Cafe Show di Ho Chi Minh City, Vietnam.

“Delegasi ini terdiri dari jajaran pemerintah dan eksportir kopi. Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar juga akan ikut serta dalam kegiatan ini,” kata Kabag Humas Aceh Tengah, Mustafa Kamal dihubungi di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan Cafe show yang berlangsung hingga 5 Mei 2018 tersebut didukung Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Ho Chi Minh City yang mengundang langsung Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar.

“Bupati akan tiba pada hari kedua Cafe Show dan beliau juga akan melakukan beberapa pertemuan bisnis yang difasilitasi KJRI Ho Chi Minh City,” katanya.

Ia menjelaskan delegasi Aceh Tengah juga akan mengunjungi wilayah perkebunan kopi arabika di Vietnam guna mengetahui proses budidaya dan pasca panen terhadap komoditas tersebut.

“Vietnam adalah produsen kopi terbesar kedua di dunia dan mampu mengolah satu hektare lahan hingga mencapai 1,5 ton per hektare, ini perlu dipelajari, dan pak bupati mau lihat langsung perkebunan kopi di Vietnam,” katanya.

Ia menambahkan ada dua perusahaan yang turut serta dalam delegasi Kabupaten Aceh Tengah tersebut yakni koperasi Arinagata dan PT Meukat Komuditi Gayo.