BANDA ACEH – Menikah merupakan siklus hidup yang amat penting bagi orang aceh. Menikah merupakan menghalalkan aktivitas biologis secara agama Islam

Pasangan muda mudi aceh yang hendak menikah harus mempersiapkan beberapa hal baik secara adat maupun secara finansial atau keuangan.

Persiapan utama bagi pasangan pengantin yang akan menikah adalah mempersiapkan sejumlah uang sebagai modal untuk menikah.

Hal utama yang perlu dipersiapkan oleh pria yang inggin menikah adalah mas kawin, uang isi kamar, dan uang kasih sayang. Tiga komponen biaya tersebut harus dipersiapkan oleh pasangan yang inggin menikah terutanama bagi  calon pengatin pria.

Mas Kawin

Sebagai calon pengatin pria harus menyiapkan mas kawin atau mahar. Umumnya berat mas kawin dinyatakan  dalam ukuran 1 mayam mas yaitu seberat 3.3 gram. Bulan Januari  ditahun 2018 ini harga 1 mayam mas berkisar Rp. 1.750.000, sampai Rp. 1.850.000 /mayam mas. Mahar ditetapkan atas permintaan dari pihak keluarga perempuan umunya 10 mayam mas kawin. Sehingga kalau dirupiahkan uang yang  disediakan calon pengantin pria antara Rp.17.500.000 sampai dengan Rp. 18.500.000 itu uang mas kawin yang disediakan oleh calon pengantin pria.

Sekarang ini dengan semakin tinggi status dan pendidikan calon pengantin wanita maka ada kecenderungan akan semakin tinggi pula mahar yang diminta oleh pihak keluarga dari 20 mayam bahkan ada yang 30 mayam mas kawin. Dek pon tetangga sebelah rumah saya yang baru tunangan diminta untuk menyediakan mahar 30 mayam mas kawin. Untuk mahar saja dek pon mengeluarkan Rp.52.500.000 bahkan lebih besar lagi, itu baru untuk mahar saja belum untuk biaya lainnya.

Uang Isi Kamar

Calon pengantin pria harus juga mempersiapkan uang isi kamar. Barang yang harus dipersiapkan adalah perlengkapan isi kamar berupa lemari pakaian, tempat tidur, meja hias, yang bisa mencapai 10 juta rupiah itupun untuk ukuran sederhana.

Uang Kasih Sayang

Pelaksanaan acara pernikahan dirumah mempelai wanita yaitu intat linto baromemerlukan biaya yang besar oleh karena itu calon pengantin pria membantu biaya pesta sering juga disebut uang kasih sayang yang besarnya mininal 5 juta rupiah. Kalau pesta mengundang hiburan berupa nasyid dan lain lain sang calon pengantin pria bisa keluar 10 juta rupiah.

Acara Pesta dirumah Pengantin Pria

Masih ada biaya biaya lain yang masih harus dikeluarkan yang lumayan cukup besar yaitu pesta preh dara baro yang bisa menghabiskan biaya 10 jt.

Berapa biaya yang harus disiapkan pengantin pria rata-rata antara 30 juta sampai dengan 50 juta rupiah.

Dewasa ini untuk mendapatkan uang 30 – 50 juta rupiah bukan perkara mudah. PNS saja sampai harus mengadaikan SK untuk mendapatkan pinjaman dari bank untuk membiayai pernikahannya. Untuk yang buka  PNS ya terpaksa hutang sana sini agar pernikahannya dapat terlaksana.

Fenomena Banyak Wanita Karier Belum Menikah di Aceh

Saya berteman dengan beberapa rekan wanita yang memiliki pendidikan tinggi dan berstatus PNS yang belum menikah. Bukan mereka tidak laku atau takut untuk menikah namun banyak lelaki yang sudah mendekati mereka mundur teratur karena terkendala biaya.

Sekalipun rekan wanita inggin mensederhanakan masalah biaya namun sulit dilakukan karena menikah melibatkan 2 keluarga besar. Fenoma wanita belum menikah semakin lama semakin banyak saja baik di lingkungan kerja maupun disekitar tempat tinggal saya.

Ada beberapa pasang menikah di kota medan untuk menghidari biaya menikah yang tinggi di aceh. Namun banyak resiko yang juga harus diterima pasangan yang tidam menikah secara adat karena tidak ada acara pemulia jame atau memuliakan tamu. Sehingga langkah menikah diluar aceh juga bukan jalan yang baik menurut saya.