ACEH UTARA – Afdal Zikri (9), bocah asal Meunasah Nga LB, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara meninggal dunia akibat terseret arus dan tenggelam di saluran irigasi Alue Itam Baroh, kecamatan setempat, Sabtu (3/3).

kronologi musibah tersebut bermula saat korban bersama kedua orang tuanya menghadiri pesta perkawinan saudara mereka di Gampong Alue Itam Baroh sekitar pukul 10.00 WIB.

“Korban terseret arus saat sedang mandi di saluran irigasi bersama teman sebayanya,” ujar Kapolres Aceh Utata AKBP Untung Sangaji melalui Kapolsek Lhoksukon AKP Teguh Yano Budi.

Sebelum tenggelam, sekitar pukul 12.00 WIB, korban mengajak M. Lutfi (8) bermain di dekat saluran irigasi. pukul 02.00 WIB, korban mengajak temannya untuk mandi di irigasi. Korban lalu turun ke dalam irigasi menggunakan jeregen minyak sebagai pelampung.

“Saksi melihat pelampung (jeregen) tersebut lepas dari pegangan korban. Disaat bersamaan arus irigasi makin deras karena pintu air sedang terbuka,” ungkapnya.

Setelah hampir 40 menit lebih dilakukan pencarian oleh warga, korban akhirnya ditemukan dalam kondisi tak bernyawa.

“Korban ditemukan sekitar 150 meter dari lokasi kejadian. Kami duga korban tidak bisa berenang. Saat ini jasad korban sudah dipulangkan ke pihak keluarga,” sebut Teguh.