SIGLI – Dua pelaku jambret asal Sumatera Selatan beraksi di Pasar Kecamatan Grong-Grong, Kabupaten Pidie, Senin 30 April 2018 sekira pukul 11:30 Wib. Satu pelaku berinisial AK (46), warga Jalan Veteran Nomor 12 A, RT/RW 003/000 Kabupaten Ogan Komiring Ilir, Sumatera Selatan berhasil ditangkap polisi, termasuk uang korban 10 juta berhasil diamankan.

Kapolsek Grong-Grong, Ipda Hendra Saputra mengatakan pihaknya berhasil menangkap satu dari dua pelaku yang melakukan aksi jambret terhadap korban nasabah bank, Martunis (43), warga Gampong Lueng Mesjid, Kecamatan Peukan Baro, Kabupaten Pidie. Uang korban pun Rp 10 juta berhasil diselamatkan. Sementara satu pelaku lainnya berhasil kabur ke arah Kota Sigli dan saat ini masih dalam pengejaran polisi.

“Satu pelaku AK (46) warga Sumatera Selatan berhasil kita tangkap setelah teriakan jambret dari korban dan bantuan masyarakat. Sedangkan satu lagi berhasil kabur ke arah Kota Sigli. Saat ini sedang diburu aparat kepolisian,” kata Hendra Saputra.

Aksi jambret itu terjadi menurut Kapolsek, saat korban Martunis selesai menarik uang dari sebuah bank kantor unit, lalu korban menaruh uangnya dalam mobil Carry miliknya dengan nomor polisi BL 8105 PG dan korban hendak turun menuju toko bangunan Timbang Rasa untuk membeli paku. Saat itulah dua pelaku dengan menggunakan sepeda motor jenis Supra X 125 menghampiri korban dan langsung mengambil uang korban dalam mobil .

“Secara spontan korban berteriak ‘jambret- jambret’ hingga menarik perhatian warga, hingga warga sekitar pun berhamburan keluar untuk menolong korban dan mengejar pelaku. Teriakan korban juga didengar personil Polsek yang sedang berpatroli di kawasan tersebut serta langsung melakukan pengejaran pelaku,” lanjut Kapolsek.

Dengan dibantu warga, lanjut Hendra, polisi berhasil menagkap satu pelaku serta uang korban Rp 10 juta berhasil diselamatkan. Sementara rekan pelaku berhasil tancap gas sehingga lolos dari penangkapan. Namun saat ini Tim Opsnal Res dan Intel Polres Pidie sedang mengejarnya.