Muhammad Daud, SH, sekretaris panitia MTQ Ke-XV, Gp. Paya Kambuk Kec. Meurah Mulia, Aceh Utara

ACEH UTARA – Masyarakat Gampong Paya Kambuek Kecamatan Meurah Mulia Kabupaten Aceh Utara menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) antar balai pengajian/dayah di desa setempat. MTQ yang tahun ini merupakan kali ke-15 dilaksanakan adalah agenda tahunan yang rutin dilaksanakan masyarakat Paya Kambuek setiap bulan Ramadhan tiba.

“Malam ini merupakan kegiatan puncak atau malam pengumuman pemenang. MTQ ini sendiri sudah dimulai sejak Kamis malam (7/6) lalu. Kegiatan kita mulai setelah shalat tarawih,” tutur ketua panitia Tgk Ibnu Khazzen SPdi melalui sekretaris panitia Muhammad Daud SH kepada wartawan usai penyerahan hadiah, Selasa malam (12/6).

Muhammad Daud menjelaskan, MTQ yang diikuti oleh 6 balai pengajian se-Gampong Paya Kambuk diwakili oleh 120 peserta. Lomba dibagi dalam beberapa kategori untuk peserta mulai dari tingkat SD, SMP, SMA dan usia dewasa.

“Ada beberapa  kategori yang dilombakan  yakni azan tingkat SD, baca kitab jawo tingkat SMP, itiked 70 tingkat SD, hafal jus 30 tingkat SD, tartil Quran SD, pidato SD dan dewasa, Tilawah SD dan SMP, cerdas cermat untuk SMP dan SMA serta tajhiz mayit bagi peserta dewasa” terang Daud.

Dalam MTQ ke XV ini, Dayah Darul Aman Cot Seunira asuhan Tgk Muhibuddin keluar sebagai juara umum. Dayah Darul Aman berhasil menyabet 12 tropi dengan rincian juara I sebanyak 6 cabang perlombaan, juara II sebanyak 3 cabang dan juara III sebanyak 3 cabang.

Dilanjutkan, MTQ antar balai pengajian di Gampong Paya Kambuek terselenggara berkat bantuan swadaya dari masyarakat. Sebagai agenda tahunan dalam upaya menciptakan generasi muda yang islami, kata Daud, pihaknya merasa perlu meneruskan agenda rutin ini.

“Pembiayaan kegiatan ini berasal dari sumbangan masyarakat. Sumbangan masyarakat dengan bentuk menyisihkan beras hasil panen padi disawahnya minimal 1 kaleng per KK. Namun, jika masyarakat tersebut tidak memiliki sawah garapan, kami menerima sumbangan dalam bentuk uang tunai. Selain itu kita juga dibantu oleh para donatur dan dermawan” terang Daud.

Ia menambahkan, sejak malam pembukaan hingga malam penyerahan hadiah, masyarakat Gampong Paya Kambuek berduyun-duyun menyaksikan berbagai perlombaan. Antusiasme masyarakat ini dia sebut sebagai hal positif bagi perkembangan dunia pendidikan Islam.

Melalui kegiatan ini ia berharap kedepannya, MTQ dapat terlaksana lebih baik dari edisi-edisi sebelumnya. “Kami dari panitia mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang telah membantu kegiatan ini. Kami berharap, kegiatan ini kedepannya dapat terlaksana lebih besar lagi dan mendapat dukungan dari segenap pihak” harap Muhammad Daud.

Reporter : Mulyadi