ACEH BARAT – Harga jual eceran ikan segar di pusat perdagangan ikan Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh mengalami kenaikan rata-rata lebih 30 persen karena pasokan terbatas sementara permintaan tinggi.

“Harga ikan mengalami kenaikan sebesar 30 persen atau naik sebesar Rp10 ribu per kilo untuk beberapa jenis ikan segar. Kenaikan sudah terjadi sejak tiga hari terakhir karena pasokan terbatas,”Adi (42) pedagang eceran di pasar ikan Meulaboh, Rabu.

Adapun jenis ikan segar yang mengalami kenaikan seperti ikan kembung dari harga Rp35.000/kg naik menjadi 45.000/kg, dencis dari harga Rp20.000/kg naik menjadi Rp30.000/kg, tongkol dari harga Rp20.000/kg menjadi Rp30.000/kg.

Kemudian jenis ikan karang dari harga Rp60.000/kg naik menjadi Rp70.000/kg, kenaikan tersebut dipicu oleh pasokan nelayan yang menipis selama dua pekan terakhir, nelayan dilaporkan banyak tidak melaut karena cuaca ektrem melanda perairan setempat.

Sudah menjadi kebiasaan apabila cuaca ekstrem melanda perairan barat dan selatan Aceh membuat nelayan tidak melaut, saat ini disebut-sebut masa perebutan arah angin barat dan angin timur sehingga memicu ketinggian gelombang atau bakat.

“Nelayan tidak melaut karena kondisi cuaca yang sedang tidak menentu, gelombang tinggi di laut mencapai 2 – 3 meter. Gelombang seperti ini sangat berbahaya, nelayan banyak mengisi waktu dengan memperbaiki alat tangkap dan perbaikan kapal,”sebutnya.

Lebih lanjut disampaikan, para pedagang tidak mengetahui kapan pastinya harga jual ikan bisa stabil atau turun dari harga saat ini, semua itu tergantung pada pasokan ikan dari nelayan lokal, karena daerah setempat tidak bergantung pada ikan impor.

Adi, menyampaikan, untuk memenuhi kebutuhan pasar, para pedagang tetap membeli dan menjual ikan-ikan yang berhasil dibawa pulang oleh armada nelayan walaupun dengan harga sedikit tinggi dibandingkan hari-hari biasanya.

Panglima laut Kabupaten Aceh Barat, Amiruddin, yang dikonfirmasi membenarkan kondisi cuaca ekstrem yang tengah melanda perairan setempat sehingga mempengaruhi pasokan ikan karena nelayan banyak tidak melaut dalam dua pekan ini.