ACEH TAMIANG – Satuan Reserse Kriminal Polres Aceh Tamiang melimpahkan berkas kasus korupsi di Sekretariat DPRK Aceh Tamiang ke Kejaksaan setempat, selain berkas juga dilimpahkan satu orang tersangka yang terlibat dalam kasus tersebut.

Menurut informasi diterima, pelimpahan berkas barang bukti dan seorang tersangka dari Sekretariat DPRK dilakukan Satuan Reserse Kriminal Polres Aceh Tamiang pada Senin (19/3) sore ke Kejaksaan.

Kapolres Aceh Tamiang AKBP Zulhir Destrian melalui Kasat Reskrim Iptu Ferdian Chandra yang dikonfirmasi, Selasa (20/3) membenarkan pihaknya telah melimpahkan kasus korupsi di DPRK kepada Kejaksaan setempat.

“Benar, kasus tersebut kami limpahkan kemarin sore kepada Kejekasaan di ruang kerja Kasi Pidsus,” kata Iptu Ferdian.

Ferdian menjelaskan, dalam kasus tersebut telah ditetapkan seorang tersangka yaitu bendahara pengeluaran Sekretariat DPRK Aceh Tamiang berinisial RA (46) warga Kampung Benua Raja, Kecamatan Rantau, Aceh Tamiang.

Dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh tersangka RA ditemukan kerugian keuangan Negara sebesar Rp 284 juta lebih.

“Kerugian keuangan Negara ditemukan dalam belanja rutin Sekretariat DPRK Aceh Tamiang sumber dana APBK tahun 2012,” kata Iptu Ferdian.

Iptu Ferdian menyebutkan, pengungkapan kasus korupsi tersebut dilakukan pihaknya berdasarkan laporan yang masuk ke Polres Aceh Tamiang pada November 2016 lalu.

“Kasus tersebut sudah masuk tahap II, sebelum dilakukan pemeriksaan tahap II. Tersangka terlebih dahulu telah dilakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Aceh Tamiang yang ikut disaksikan oleh Kasi Pidsus Kejakasaan dan Pengacara tersangka,” ungkap Iptu Ferdian.

@ajnn