BANDA ACEH – Ketua DPR Aceh, Teungku Muharuddin menjenguk Amira Salsabila, bocah penderita penyakit jantung yang dirawat di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) Banda Aceh, Senin malam (30/4/2018). Bocah berusia 4,9 tahun asal Aceh Selatan ini menderita penyakit jantung di mana sebagian tubuhnya membengkak dari perut hingga ke bagian wajah.

Dalam kunjungan tersebut, Ketua DPR Aceh, Teungku Muharuddin berjanji akan menfasilitasi kebutuhan bocah malang tersebut. Dalam waktu dekat ini, ia akan mengundang pihak RSUZA, BPJS dan maskapai penerbangan Garuda Indonesia terkait fasilitas yang akan diberikan terhadap Amira. Pasalnya, Amira yang dijadwalkan akan dirujuk ke RSUCM Jakarta ini terkendala biaya.

“Untuk prosesi rujukan ke RSUCM Jakarta, kedua orang tuanya harus ada biaya sebanyak Rp 15 juta. Adapun biaya itu mencakup biaya tiket pesawat, biaya tabung oksigen karena tidak ditanggung BPJS. Apalagi kondisi Amira yang lemah dan harus dibaringkan pada tiga kursi pesawat. Jadi ini menjadi sebuah temuan baru kita untuk kaji secara lebih mendalam,” ujar Ketua DPR Aceh, Teungku Muharuddin.

Teungku Muharuddin menjelaskan, dalam waktu dekat ini DPR Aceh akan membahas bersama Komisi IV DPR Aceh terkait penyediaan fasilitas kesehatan terhadap Amira. Dalam hal ini, DPR Aceh juga turut mengundang pihak RSUZA, Dinkes Aceh, BPJS dan Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia.

“Insya Allah pada Rabu nanti kita akan duduk bersama Komisi IV serta instansi terkait. Nanti kita akan membahas bagaimana proses JKA ini benar-benar selektif sehingga bisa dirasakan bagi masyarakat miskin. Apalagi kasus Amira ini fenomena baru dan menjadi catatan bagi pemerintah, baik eksekutif maupun legislatif,” ujar Teungku Muharuddin