Takengon – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Aceh Tengah akan segera melakukan pembahasan persiapan kontingen kabupaten setempat, menyambut pelaksanaan Pekan Olahraga Aceh (PORA) ke-XVIII mendatang.

Sekretaris KONI Aceh Tengah Ilyandi mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan rapat koordinasi dengan seluruh bidang yang ada terkait PORA, kemudian mengundang seluruh pengurus cabang yang lolos ke pesta oleh raga terbesar di Aceh tersebut.

Dari pertemuan itu jelasnya, baru akan dapat jumlah total besaran dana yang dibutuhkan selama masa persiapan maupun saat berada di Aceh Besar, serta selanjutnya rincian dana tersebut akan diajukan kepada pemerintah kabupaten setempat.

“Kita panggil semuanya nanti, kita minta pertama kesiapannya dan kedua jumlah anggarannya, nanti seluruh kebutuhanya juga akan kita musyawarahkan, untuk dana kita minta dari APBK (Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten),” katanya, Selasa (09/1/2018).

Dalam meraih hasil maksimal di PORA tambah Ilyandi, pihaknya juga merencanakan melakukan pemusatan latihan kepada seluruh cabang, serta uji coba dengan ke berbagai daerah.

“Kita ada TC (Training Center) berjalan Tiga bulan dan TC penuh selama Dua bulan, di TC penuh itu kita merencanakan uji coba dengan beberapa daerah, tapi itu tergantung anggaran dari pemerintah daerah, apakah yang kita ajukan itu bisa jebol atau teralisasi,” sebutnya.

Pelaksanaan PORA ke-XVIII di Kabupaten Aceh Besar sendiri dijadwalkan berlangsung pada November 2018 mendatang, dengan diikuti kontingen dari 23 kabupaten kota di bumi serambi Mekkah.