BANDA ACEH – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman melakukan peninjauan di sekitar bentaran sungai dan pasar Peunayong Banda Aceh, Jumat (23/3). Ada beberapa titik lokasi yang menjadi pusat perhatian untuk dilakukan pembenahan, yakni tanggul sungai krueng Aceh dan lantai dua gedung pasar Kartini Peunayong.

Aminullah Usman menyampaikan, pemerintah akan membenahi dua lokasi tersebut sehingga bisa berfungsi secara baik serta dapat dimanfaatkan oleh warga Banda Aceh.

Kata Aminullah, disepanjang bentaran tanggul sungai Krueng Aceh (sebelah Peunayong) nantinya akan dibangun wisata kuliner Banda Aceh yang baru. Sehingga lokasi ini bisa lebih ramai dikunjungi warga. Langkah ini dilakukan juga sebagai wujud dari harapan pemerintah yang ingin membuat Banda Aceh terus berkembang dalam bingkai syariah.

“Di pinggir sungai nanti akan dibangun wisata kuliner baru di Banda Aceh,” kata Aminullah Usman saat meninjau lokasi tersebut.

Sementara itu, untuk lokasi lantai dua Pasar Kartini Peunayong yang memang sudah terbengkalai itu, pemerintah berencana akan menggunakan fasilitas yang sudah ada tersebut untuk dijadikan tempat kerajinan bagi masyarakat Banda Aceh.

“Dilantai dua nanti akan dimanfaatkan untuk tempat kerajinan warga seperti menjahit dan lainnya,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, lantai II gedung Pasar Kartini Peunayong terbengkalai, bangunan pasar Kartini ini berada di bawah Dinas Perindustrian Perdagangan Koperas dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM).

Pada pertengahan tahun 2016 lalu, anggota Komisi B DPRK Banda Aceh pernah meninjau dan mendesak pemerintah agar lantai II pasar tersebut segera difungsikan.