‎AHA (27), Pegawai Kontrak Dinas Kehutanan Aceh, warga Gampong Lamteumen Timur, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh, diamankan polisi setelah mencoba mencuri mobil dinas milik Kodam IM bernomor plat 2988-05 di Jalan Teuku Umar, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh, Selasa (21/11/2017) kemarin, sekira pukul 15.30 WIB.

‎Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol T Saladin melalui Kapolsek Baiturrahman, AKP Ferdi Dakio saat dikonfirmasi mengatakan, pelaku yang mencoba mencuri mobil dinas TNI Angkatan Darat (AD) tersebut diketahui mengalami gangguan jiwa.

“‎Pelaku merupakan karyawan honorer di Dinas Kehutanan Aceh, yang mana menurut pengakuan pihak keluarga, yang bersangkutan mengalami gangguan jiwa sejak orang tuanya meninggal dunia. Sementara mobil dinas itu merupakan mobil operasional kegiatan Ibu Irdam,” ujarnya, Rabu (22/11/2017).

‎Peristiwa itu berawal saat mobil hijau yang dikemudikan‎ oleh Praka Doni yang merupakan sopir istri Irdam IM berangkat dari rumah dinas Irdam menuju ke kawasan Jalan Teuku Umar, Gampong Setui. Setiba di sebuah toko yang menjual ikan hias, Praka Doni turun dan masuk ke dalam toko tersebut untuk melihat ikan hias, namun mobil masih dalam keadaan menyala.

“‎Kemudian pelaku datang melihat mobil yang menyala, sehingga pelaku berusaha masuk ke mobil. Warga sekitar yang melihat pelaku masuk ke mobil kemudian memberitahukan kepada sopir bahwa mobil itu hendak dibawa kabur pelaku,” kata Kapolsek.

‎Pra Doni kemudia lari ke mobilnya dengan membuka pintu mobil dan menarik pelaku keluar dari mobil tersebut. Pelaku pun tak terhindar dari amukan warga sekitar, serta melaporkan kejadian itu ke Mapolsek Baiturrahman.

“Personel polsek pun datang ke lokasi untuk mengamankan pelaku. ‎Pelaku sempat diperiksa dan diamankan di Mapolsek kemarin sembari menunggu proses hukum dan kedatangan pihak keluarganya, tetapi kemarin juga dipulangkan setelah pihak keluarga datang dan menjelaskan tentang yang bersangkutan,” tambah AKP Ferdi Dakio.(apc)