FD (24) warga Gampong Geulidah, Kecamatan Meureudu, Pidie Jaya, nekat mencuri sepeda motor saat shalat jumat sedang berlangsung di Masjid Kuta Batee, Gampong Manyang Lancok, Kecamatan Meureudu, kabupaten setempat, Jumat (24/11).

Namun aksi curanmor tersebut diketahui pemilik motor dan jamaah jumat lainnya, sehingga terjadi kejar mengejar bak film action. Aksi nekat pemuda itu terhenti di persimpangan komplek perkantoran Bupati Pidie Jaya setelah terjatuh dari motor jamaah jumat yang dibawa larinya.

Kapolres Pidie, AKBP Andi Nugraha Setiawan Siregar SIK melalui Kapolsek Meureudu, AKP Aditia Kusuma SIK, Sabtu (25/11) mengatakan, tersangka pelaku curanmor ditangkap setelah berhasil dikejar warga.

“Pelaku beraksi ketika Shalat Jumat hampir selesai, dan ada masyarakat yang melihat aksi tersebut, sehingga pemilik sepeda motor beserta masyarakat mengejar pelaku, hingga pelaku terjatuh di persimpangan komplek perkantoran Pidie Jaya,” katanya.

Dalam melancarkan aksi nekatnya itu, lanjut AKP Aditia, pelaku menggunakan kunci T untuk membawa kabur kendaraan roda dua dengan nomor polisi BL 2960 PB.

Nasib baik dapat dibilang masih berpihak kepadannya. Pasalnya, dimanapun pelaku curanmor yang didapati warga, ‘bogem masa’ pasti mendarat di wajah pelaku hingga babak belur. Namun bersamaan dengan kejar-kejaran itu, polisi gabungan dari Polsek Mereudu dengan Pos Lantas Pidie Jaya tiba dilokasi. Sehingga hukum jalanan tidak sampai terjadi.

“Masyarakat mengejar dan tersangka jatuh saat melarikan diri, dan bersamaan dengan itu tiba petugas gabungan dari Polsek Meureudu dan Pos Lantas Pidie Jaya. Sekarang tersangka dan barang bukti dibawa ke Mapolsek Meureudu guna penyelidikan lebih lanjut,” jelas mantan Kanit Tiga Sat PJR Dirlantas Polda Aceh ini. (ajnn)