Inovasi helikopter yang dirakit pemuda pedalaman Aceh Utara tamatan SMP itu diberi nama NSG-01.DY terbuat dari body besi dan barang bekas yang digerakkan dengan mesin mobil Suzuki Carry 1000cc, satu rotor (propeller) horizontal yang dibuat selama 6 bulan dengan biaya Rp35 juta.

Pemuda asal kawasan pedalaman Aceh Utara Nasriadi berdomosili di Gampong Dayah Meunara, Kecamatan Kuta Makmur, membuat viral dunia maya dengan karyanya sebuah helikopter capung yang diberi nama Helikopter NSG-01.DY. Hingga saat ini rakitannya sudah rampung 100 persen dan siap uji coba. Helikopter ini sudah dirancang sejak lima bulan yang lalu.

Awalnya Nasriadi termotivasi dari Video YouTube, ketika masih di bangku sekolah SMP dulu memang sudah bercita-cita merakit sebuah helikopter.

Cita-citanya tersebut sebelumnya sempat berhenti di tengan jalan, pasalnya untuk memperoleh media perakitan sebuah helikopter sangat sulit dan susah ditemukan.

Ia bersyukur ketika Pak Arahman pemilik bengkel dimana tempat Ia bekerja memberinya modal untuk mewujudkan cita-cita Nasriadi merakit helikopter tersebut.

Dari situ lah awal Nasriadi mulai merakit Helikopter, helikopter rakitan tersebut dioperasikan menggunakan mesin mobil Suzuki Carry.

Hanya bermodalkan Rp 35 juta dan itupun bantuan dari bos bengkel tempat ia bekerja, Nasriadi berhasil merakit satu unit helikopter. Helikopter yang dibuat dari bahan bekas dan dipasang mesin Suzuki Carry ini dirakit selama 8 bulan.

Sang perakit helikopter, Nasriadi mengutarakan bahwa helikopter miliknya sudah siap untuk dilakukan uji terbang. Pesawat udara dengan baling-baling besar hasil karya Nasriadi ini diberi nama Helikopter NSG-01.DY yang merupakan singkatan dari namanya, Nasir Sigli Pertama di Dayah.

Saat melakukan uji terbang pada 21 November kemarin, banyak sekali warga yang menyaksikan dan mengunggah video Nasriadi yang sedang duduk di kokpit. Meskipun belum bisa diterbangkan karena masih ada beberapa kendala, banyak warga yang kagum dan takjub pada kecerdasan Nasriadi.

Semoga Helikopter rakitan Nasriadi siap mengharumkan nama Aceh di Kancah Nasional da Internasional.