Proses pencairan Dana Desa tahap II untuk Kota Subulussalam sebanyak 25 miliar lebih sedang  menunggu transfer dari Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara (KPPN) Tapaktuan, Aceh Selatan.

“Dana Desa belum masuk ke kas daerah, kita sedang menunggu transfer dari KPPN Tapaktuan,” kata Kabid Kelembagaan dan Ketahanan Masyarakat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kota Subulussalam, Zulfikri SE, Rabu, 22 November 2017.

KPPN Tapaktuan yang membidangi proses pencairan Dana Desa yang bersumber dari APBN membawahi empat wilayah yakni Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh Selatan, Kota Subulussalam, dan Aceh Singkil.

Ia mengatakan, laporan realisasi Dana Desa tahap pertama telah dikirim ke KPPN Tapaktuan, pada Selasa, 21 November 2017 kemarin. Berdasarkan koordinasi dengan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kota Subulussalam, kata Zulfikri, dana desa diperkirakan ditransfer ke kas daerah sekitar sepekan setelah laporan dikirim ke KPPN.

“Posisi uang sekarang sudah ada di KPPN Tapaktuan, laporan sudah kita kirim. Sekarang menunggu transfer dari KPPN ke kas daerah,” ujarnya.

Setelah dana tersebut masuk ke kas daerah yakni BPKD Kota Subulussalam, kata Zulfikri, bagi desa yang sudah melengkapi dokumen APBDes Perubahan, akan direkomendasikan ke BPKD untuk proses pencairan Dana Desa tahap II.

“Bagi desa yang sudah siap APBDes Perubahan sudah antar bekas ke DPMK, langsung kita evaluasi. Jika sudah lengkap, kita rekomendasi ke BPKD untuk proses pencairan,” katanya. (psc).