BANDA ACEH – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah ditutup beberapa hari lalu, tepatnya pada tanggal 27 April 2018 pukul 22.00 WIB.

Kepala Humas Unsyiah, Husni Friady, Senin (30/4/2018), mengatakan jumlah pendaftar di Universitas Syiah Kuala tercatat sebanyak 14.833 orang. Sebanyak 5.078 orang di antaranya memilih kelompok Sains dan Teknologi (Saintek), 4.009 orang memilih kelompok Sosial dan Humaniora (Soshum), sisanya merupakan pemilih campuran, termasuk di dalamnya peserta tuna netra sebanyak dua orang. Menurut Husni, ini merupakan data terakhir yang terkumpul sejak dibuka pendaftaran SBMPTN pada 5 April 2018 lalu.

Ia menambahkan, Ujian Tertulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) akan dilaksanakan Selasa, 8 Mei 2018. Sedangkan Ujian Keterampilan akan berlangsung Rabu dan atau Jumat, 9 dan atau 11 Mei 2018.

Seperti juga tahun sebelumnya, sebanyak 470 peserta SBMPTN Unsyiah akan mengikuti ujian tulis berbasis komputer (UTBK). Semua hasil ujian ini nantinya akan diumumkan pada tanggal 3 Juli 2018 melalui http://pengumuman.sbmptn.ac.id

“Kita menghimbau kepada seluruh peserta untuk dapat menyiapkan diri dengan baik menghadapi ujian nanti,” ujarnya.

Ia juga menambahkan lokasi ujian tertulis SBMPTN Unsyiah akan tersebar di beberapa tempat di Banda Aceh. Selain menggunakan semua fasilitas kelas dan aula di Unsyiah dan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, beberapa gedung sekolah juga dipergunakan untuk pelaksanaan ujian tertulis UTBC tahun ini. Sekolah yang digunakan untuk ujian nanti mencapai sekolah-sekolah yang berada di kawasan Darussalam, Rukoh, hingga Lampineung. Husni menghimbau kepada para peserta ujian SBMPTN untuk dapat melihat lokasi ujian satu hari sebelum ujian digelar.

“Para peserta diharapkan untuk membawa perlengkapan ujian, seperti yang tertera di kartu ujian, sekaligus hadir tepat waktu sesuai jadwal.”

Pada bagian lain, Husni menyebutkan ada sepuluh program studi paling favorit di Unsyiah yang memiliki pendaftar tertinggi di jalur SBMPTN, yaitu Pendidikan Dokter, Manajemen, Ilmu Hukum, Farmasi, Informatika, Teknik Sipil, Ilmu Keperawatan, Pendidikan Dokter Gigi, Akuntansi, dan Teknik Komputer