Polres Aceh Besar menghimbau agar pelaksanaan Milad GAM tidak dilakukan secara besar-besaran.

“Kita ambil langkah-langkah memberikan himbauan, terutama pada eks GAM, tokoh-tokoh untuk tidak melakukan perayaan tersebut secara sederhana saja,” kata Kapolres Aceh Besar AKBP Heru Suprihasto saat ditanyai wartawan di Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Jumat (24/11/2017).

Heru menambahkan, ada baiknya perayaan itu dilakukan di rumah masih-masing sehingga acaranya bisa berjalan hikmat.

“Kita berharap tidak mengerahkan massa dari luar. Lakukanlah sesederhana mungkin. Polisi akan tetap berusaha untuk melakukan pengamanan,” katanya.

Untuk bendera bulan bintang, kata Heru, sejauh ini juga belum ada keputusan dari pemerintah pusat untuk memberikan izin. “Tentu kita masih berpatokan pada itu, kita memberikan himbauan agar tidak menaikan dulu,” katanya.

Polres Aceh Besar, kata Heru, bersama dengan polsek dan koramil juga kan melakukan patroli untuk mencegah dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Namun sejauh ini, kata Heru, menjelang kegiatan rutin tersebut, situasi di Aceh Besar masih landai, normal, dan belum ada yang menonjol. “Kita akan terus pelihara itu,” katanya.

Seperti diketahui, setiap 4 Desember, mantan anggota GAM kerap merayakan milad. Di Aceh Besar, lazimnya milad tersebut digelar di Gampong Meureu, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar.(bkc).