Aceh Singkil – Puluhan wanita terjaring razia busana yang dilaksanakan oleh petugas Wilayatul Hisbah (WH), di Simpang Empat bundaran Tugu Bank Aceh, Desa Rimo, kecamatan Gunung Meriah, Minggu (29/4).

Razia yang melibatkan belasan polisi syariah itu, dilakukan untuk menegakkan syariat Islam di Aceh Singkil, terutama menjelang masuknya bulan suci ramadhan.

Pantauan wartawan, razia digelar mulai pukul 09.00 WIB hingga menjelang siang. Terlihat, sejumlah pengguna jalan yang didominasi para wanita terjaring dalam razia karena menggunakan pakaian ketat.

Saat ditangkap, pelanggar syariat islam tersebut sebagian dari mereka memprotes. Namun, petugas tetap sabar dan hanya membalas dengan senyuman. Petugas tetap memberikan arahan dan pembinaan kepada mereka yang melanggar syariat.

Danpos Wilayatul Hisbah (WH) wilayah Gunung Meriah, Tupa Sihotang S.Pd.I, mengatakan razia ini merupakan bentuk penegakan syariat Islam, Qanun No. 11 Tahun 2002 tentang pelaksanaan syariat Islam, terutama yang berkaitan dengan pakaian ketat, celana pendek serta tidak menggunakan jilbab.

“Puluhan pelanggar yang terjaring razia. Untuk wanita kita berikan jilbab,  yang menggunakan pakaian ketat diberi arahan ke depan jangan lagi menggunakan pakaian ketat,” kata Tupa.

Ia berharap, agar warga yang keluar rumah dapat menyesuaikan busana yang dipakai sesuai dengan ajaran Islam, apa lagi menjelang ramadhan ini.