PIDIE – Sebanyak 1.150 masyarakat dari berbagai daerah di Kabupaten Pidie ikut memeriahkan festival Pidie Apam Fair tahun 2018, yang berlangsung di Alun-alun, Kota Sigli.

Acara tot Apam (Serabi) tersebut, dipelopori oleh Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Pidie, guna mempromosikan salah satu kuliner khas Aceh ke manca negara.

Ketua panitia pelaksana Pidie Apam Fair, Yusrawati kepada wartawan, Minggu (29/4) mengatakan, festival kuliner Apam khas Aceh ini, merupakan yang perdana digelar di Kabupaten Pidie.

Disebutkan, kontestan yang mengikuti event kolosal tersebut, mewakili dari 23 Kecamatan di Pidie. Yang untuk setiap wilayah mengirim 50 orang untuk bertanding Tot Apam dalam ajang Pidie Apam Fair.

“Apam merupakan kuliner khas Aceh yang sudah lama dilakukan oleh nenek moyang kita, sehingga kuliner khas Aceh inu perlu dilestarikan,” kata Yusra.

Katanya, dalam event “Pidie Apam Fair” itu, selain memperlombakan tot apam khas Aceh secara tradisional, juga lomba seni budaya, foto zaman. Dan pemenang dakam festifal tersebut akan di umumkan pada Minggu (29/4) pukul 20:00 WIB.

Acara tersebut tampak hadir Bupati Kabupaten Pidie, Roni Ahmad, wmWakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Dalimi, hadir juga istri Wakil Gubernur Aceh, Dyah Erti Idawati, Plt ketua TP PKK Pidie Wikan Wistihartati.

Dalam acara tersebut selain 1.159 kontestan yang mengikuti ajang tot apam, ribuan warga tampak memadati alun-alun Sigli, guna menyaksikan dan mencicipi kuliner khas Aceh tersebut