BIREUEN – Seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) warga Desa Mampre, Simpang Meulieng, Aceh Utara bernama Sri Wahyuni (30) melahirkan dalam dalam angkutan umum L-300 PT Mutiara Expres BL 1454 PB, Senin (9/4/2018).

Sri Wahyuni dalam perjalanan pulang dari Banda Aceh ke Lhokseumawe.

Tiba-tiba ia melahirkan anaknya berjenis kelamin perempuan di kawasan Peudada Bireuen sekitar pukul 12.00 WIB.

Melihat penumpangnya melahirkan, sopir segera yang belum diketahui identitasnya langsung mencari bantuan terdekat dan sempat meminta bantuan ke salah satu Pustu agak jauh di ruas jalan negara di kawasan Pucok Alue, Peudada.

Namun karena disarankan langsung ke Bireuen, sopir langsung membawa ke IGD  Puskesmas Jeumpa.

Petugas medis dengan sigap segera mengambil bayinya di lantai di bawah tempat duduk di belakang sopir serta membopong ibunya dan segera dipotong tali pusar.

Dalam perjalanan kemarin Sri Wahyuni hanya ditemani seorang anaknya masih kecil bernama Alzikri (2).

Sedangkan suaminya sudah duluan berangkat dengan mobil ambulans membawa pulang jenazah ibunya yang meninggal di RS Meuraxa Banda Aceh.

Kepala Puskesmas Jeumpa, dr Zubaidah mengatakan, saat ditangani ternyata seluruh bahan perlengkapan bayi terbawa dengan suaminya termasuk dompet, maka para perawat Puskesmas tersebut segera berkoordinasi untuk menanggulanginya.

Dalam tempo singkat dengan kerendahan hati para tenaga medis, berbagai keperluan berdatangan mulai dari kain panjang, kain sarung, baju, popok bayi termasuk makanan serta sedikit finansial seikhlasnya tertanggulangi.

Hingga sore tadi, IRT tersebut bersama bayinya dengan berat badan 3,5 kilogram dan panjangnya 50 cm masih dalam penanganan medis di Puskesmas Jeumpa.