BANDA ACEH – Dinas Pendidikan Aceh memastikan seluruh sekolah di provinsi Aceh siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/sederajat pada 9-12 April 2018.

“Insya Allah ujian nasional tingkat SMA/sederajat di Aceh 100 persen berbasis komputer,” kata Sekretaris UN Aceh, Zulkarnaini di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan untuk menyukseskan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tersebut perangkat komputer dan pelaksanaannya ada yang bergabung dengan sekolah lainnya. Ada juga yang meminjam pakai perangkat pada sekolah lain seperti SMP/MTS.

“Artinya, seluruh siswa SMA/sederajat di Aceh akan mengikuti ujian nasional berbasis komputer dan untuk perangkatnya sudah memadai walaupun memakai pinjaman sementara dari pihak lain,” katanya.

Ia mengatakan sebelumnya pelaksanaan ujian tersebut pihaknya juga sudah melakukan simulasi dan gladi terkait pelaksanaan UNBK yang akan berlangsung secara serentak tersebut.

“Semulasinya sudah dilakukan di seluruh sekolah di Aceh dan semua sekolah menyatakan sudah siap untuk pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer,” katanya.

Menurut dia untuk soal ujian nasional berbasis komputer tersebut akan disinkronkan dari pusat pada H-1 serta akan dilakukan sinkronisasi server ruang ujian dengan pusat.

Ia menyebutkan jumlah peserta UNBK SMA/MA sederajat pada tahun 2018 di Provinsi Aceh sebanyak 58.700 siswa yang tersebar 726 Satuan pendidikan yang terdiri dari SMA 485 satuan pendidikan dan MA sebanyak 241 satuan pendidikan.