Ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi ke XXXIII sudah berlangsung selama tiga hari, dan dalam ajang tersebut selain lomba dengan indah membaca Alquran dan cabang-cabang lomba lainnya. Ada satu cabang lomba yang menjadi primadona dan selalu ditunggu diperhelatan Musabaqah Tilawatil Quran.

Lomba Khattil Quran atau yang lebih dikenal dengan sebutan lomba seni Kaligrafi Alquran berlangsung di aula Dinas Kesehatan Kabupaten setempat.

Ketua Dewan Hakim Bidang Kaligrafi Usman Musa mengatakan, cabang Khattil Quran memiliki empat kategori, diantaranya kategori naskah, kategori hiasan mushaf, kategori dekorasi dan kategori kontemporer.

“Cabang lomba ini diikuti 42 orang peserta mewakili 23 Kabupaten/Kota Se Aceh, dengan jumlah peserta putra 23 orang dan peserta putri berjumlah 19 orang,” kata Usman Musa.

Dia menyebutkan pada hari pertama diperlombakan kategori naskah, hari kedua kategori hiasan mushaf, di hari ketiga kategori dekorasi dan hari ini Rabu (22/11), kategori kontemporer. Finalnya akan digelar pada hari Jumat (24/11) mendatang.

“Cabang Khattil Quran atau yang lebih dikenal lomba seni kaligrafi ini masih dalam tahap penilaian dan penyisihan, dari 42 peserta setelah tahap penilaian kemudian baru kita ketahui siapa saja peserta yang akan tersisih,” ujar Usman Musa. (ajnn)