Banda Aceh – Sejumlah negara turut berpartisipasi dalam Festival Lampion Taiwan 2018, termasuk Indonesia. Tari Saman dari Aceh tampil di panggung utama festival, Jumat, 2 Maret 2018.

Kekompakan penari mempersembahkan tarian Saman membuat mereka mendapat sambutan meriah.

Wakil Ketua Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei, Siswadi T Sibero mengemukakan, Indonesia ikut partisipasi setiap tahun di acara festival lampion. Mereka yang membawakan tarian tersebut merupakan mahasiswa yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia di Taiwan.

“Terima kasih masyarakat Indonesia yang telah mempersembahkan tari Aceh dan mendapat sambutan hangat,” ujar Siswadi saat ditemui di lokasi acara, Jumat, 2 Maret 2018.

Dia mengatakan Indonesia tidak punya hubungan diplomatik dengan Taiwan. “Melalui festival ini kita arahkan hubungan ekonomi dengan Taiwan bisa lebih baik lagi,” ujarnya.

Tahun ini, festival berlangsung mulai 2 Maret hingga 11 Maret 2018. Festival meriah ini dihelat di lahan seluas 50 hektare.

Director General Tourism Bureau MOTC Dr Chou Yung-Hui mengemukakan, ada sekitar 24 lentera utama dan sekitar 2.000 lentera pendukung lainnya dalam festival ini.

“Saya harap semua bisa menikmati dan puas dengan festival ini,” kata Chou di Taiwan, Jumat, 2 Maret 2018.