Tentang Kami

Sumugah.com

Sumugah.com merupakan situs media digital menyajikan informasi khusus seputar Nanggroe Aceh. Nama Sumugah kami ambil dari bahasa Aceh yang artinya ‘membicarakan’ atau bisa juga diartikan dengan ‘suara gempar’.

Kehadiran kami dengan tampilan arsitektur berbeda dari sejumlah media online di Aceh. Banyak media online di Aceh menabalkan nama Aceh untuk nama media. Tetapi kami tampil beda dengan nama khas Aceh yaitu Sumugah. Tulisan Sumugah dalam bahasa Aceh yang benar adalah Seumugah. Tetapi kali ini kami hilangkan “e” sehingga menjadi Sumugah. Hal itu dilakukan untuk mempermudah lafaz dan akses bagi pembaca di luar Aceh.

Tampilan website juga berbeda dengan yang lain. Tampilan kami berwarna hitam, yang artinya tanah Aceh, khusus menyajikan informasi seputar Nanggroe Aceh. Kemudian tulisan berita berwarna putih yang artinya berimbang dalam menyajikan informasi kepada publik.

Sebanyak 10 menu yang kami sajikan antara lain nanggroe, travel, kuliner, sejarah, sport, health, pendidikan, teknologi, fotografi, dan live streaming sumugahTV. Semua rubrik tersebut berisi informasi seputar Nanggroe Aceh, tidak ada satu pun berita dari luar Aceh itulah komitmen kami. Sesuai slogan “Informasi Aceh Untuk Dunia”.

Sumugah.com diluncurkan secara resmi pada tanggal 12 Februari 2018 dengan mengandalkan kecepatan, keakuratan, sehingga masyarakat Aceh tidak perlu menunggu esok hari untuk mengetahui perkembangan Aceh terkini.

Sumugah.com menyajikan informasi kelas satu dari sudut pandang berbaik sangka dan terverifikasi, yaitu konten yang diracik dari hasil pemilihan nara sumber yang tepat, peliputan yang akurat, dan penulisan yang benar.

Selain hasil karya para jurnalis, Sumugah juga menyajikan berita aktual yang dikutip dari beberapa media mainstream dengan tetap membubuhkan sumber pemberitaan.

Semua materi (naskah/foto) dalam situs ini merupakan produk jurnalistik yang dilindungi oleh Undang-undang No. 40/1999 tentang Pers.

Dalam melakukan kegiatannya, kontributor dan awak redaksi taat pada Kode Etik Jurnalistik, dan dijamin kebebasannya menurut UU No. 40/1999.

Redaksi memberikan kesempatan hak jawab kepada pihak-pihak yang merasa dirugikan oleh pemberitaan situs ini, atau menggunakan mekanisme hukum yang berlaku.

Redaksi menolak segala bentuk intervensi dan intimidasi dari siapapun dan menghimbau kepada semua pihak untuk menghormati kegiatan jurnalistik yang dilakukan baik di lapangan maupun di ruang redaksi.

Semua wartawan Sumugah.com memiliki hak tolak berdasarkan UU Pers untuk tidak membuka identitas narasumber.

Kami menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: sumugah@gmail.com/ WA: 0852 9796 9786.

Di sumugah.com, Anda bisa menikmati siaran live streaming sumugahTV dan aneka video.

Anda dapat menjumpai sumugah.com melalui akun jejaring sosial media: www.facebook.com/sumugah, www.twitter.com/sumugah, instagram @ sumugah, dan channel youtube: sumugahtv.

Sumugah.com juga menerima mahasiswa yang ingin magang, baik untuk keperluan kelengkapan studi atau untuk mencari pengalaman. Daftar riwayat dan surat pengantar dari kampus bisa dikirim ke alamat email redaksi.

Media Digital Sumugah.com Diterbitkan Oleh Yayasan Aceh Nasional Pase
Jl. Merdeka, Simpang Empat, Kota Lhokseumawe, Propinsi Aceh, Indonesia
+62 52 97969786
sumugah.com
www.sumugah.com