Blangpidie – Tiga orang warga Kabupaten Aceh Barat Daya, TRS (19) yang merupakan warga Gampong Tokoh, D, (35) warga Gampong Kedai Kecamatan Manggeng dan MI (51) warga Gampong Kuta Tuha II Kecamatan Lembah Sabil, ditangkap oleh Polres Kabupaten Aceh Barat Daya dalam kasus dugaan menjual, menyimpan dan menggunakan narkotika jenis ganja.

Kasat Narkoba Polres Abdya, Ipda Mahdian Siregar mengatakan, dalam penangkapan tiga pelaku tersebut, polisi berhasil mengamankan barang bukti satu bungkus daun ganja kering yang dibungkus dengan kertas koran dengan berat 5,95 gram yg disita dari tersangka TRS.

“Kemudian satu bungkusan plastik berwarna biru ukuran besar yang berisikan daun ganja kering dengan berat 1700 gram, 3 linting daun ganja siap pakai, 1 buah HP merek Nokia, uang tunai sebesar Rp 20.000 yg disita dari tersangka MI dan D. Kemudian uang tuanai Rp 642.000 disita dari tersangka MI,” ungkap Mahdian Siregar, Senin (30/4/2018).

Mahdian menjelaskan, penangkapan ketiga pelaku tersebut berlangsung di dua tempat, tersangka TRS dan D diamankan di dalam rumah di Gampong Lhok Pawoh, Kecamatan Manggeng, sedangkan, MI diamankan di Gampong Ladang Tuha II Kecamatan Lembah Sabil.

“Ketiga tersangka kami amankan hari Sabtu 28 April, kedua pelaku kita bekuk di dua tempat yang berbeda,” ujar Mahdian.

Awalnya kata Mahdian, Satresnarkoba Polres Abdya mendapatkan informasi bahwa ada masyarakat melakukan transaksi narkoba jenis daun ganja kering, dan kemudian dilakukan penangkapan terhadap kedua tersangka tersebut.

“Selanjutnya dari hasil penangkapan tersebut ditemukan barang bukti berupa jenis daun ganja kering. Kemudian dari keterangan kedua tersangka tersebut dilakukan pengembangan. Dari hasil pengembangan pers, Satnarkoba polres Abdya kembali melakukan penangkapan terhadap satu orang tersangka. Dari hasil penggeledahan ditemukan barang bukti yg sama, yaitu berupa daun ganja kering. Selanjutnya ketiga tersangka dibawa ke Mapolres Abdya guna penyidikan lebih lanjut,” papar Mahdian.

Dalam kasus tersebut lanjut Mahdian, sampai hari ini pihaknya sedang melakukan pengembangan dan penyelidikan terhadap ketiga tersangka.

“Untuk sementara belum ada penambahan tersangka, dan kamu akan terus bekerja untuk menangkap pelaku penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Aceh Barat Daya,” sebut Mahdian.