Persaingan pasar notebook Indonesia masih memanas di tahun 2018. Toshiba turut meramaikan persaingan dengan merilis jajaran notebook terbaru yang ditujukan untuk segmen pebisnis.

Adapun notebook terbaru Toshiba ini masuk dalam jajaran perangkat X-Series (Generasi E). Oleh Toshiba, lini notebook terbarunya ini diklaim menawarkan performa dan ketahanan profesional, yang dirancang untuk mendukung penggunaan mobile.

Sekurangnya ada tiga buah notebook yang dirilis, antara lain TECRA X40-E, Portégé X30-E, dan Portégé X20W-E. Ketiganya dibekali dengan prosesor Intel Core generasi ke-8 yang diklaim memiliki performa tinggi, namun tetap mengedepankan efisiensi.

Menurut Managing Director Toshiba Singapore Wu Tengguo, peluncuran ketiga notebook terbaru ini sebagai bukti Toshiba mewujudkan ambisi untuk menghadirkan notebook paling cepat dan kuat untuk profesional yang punya mobilitas tinggi.

“Kami mengerti bahwa pola bekerja para pengguna kami terus menerus berevolusi, maka dari itu kami bertujuan untuk memberikan laptop yang menawarkan performa yang sama, di manapun tempat mereka bekerja,” ujar Wu Tengguo.

Rangkaian Generasi E yang baru secara elegan dirancang untuk fleksibilitas, ketahanan, dan performa interior yang tahan lama. Selain Intel Core generasi ke-8 tadi, jajaran notebook ini juga dilengkapi RAM DDR4 (2400MHz) dan SSD 1TB PCIe.

Tak cuma itu, Toshiba juga melengkapi notebook-nya dengan fitur penunjang kreativitas dan produktivitas kerja, seperti layar sentuh untuk Portégé X30-E. Sementara untuk seri Portégé dan TECRA juga sudah tersedia touchpad dengan sensor pembaca sidik jari yang diberi nama SecurePad.

Untuk memaksimalkan kegunaannya, laptop-laptop tersebut dirancang untuk menggunakan sebuah Dock2 Thunderbolt 3 opsional yang menyalurkan daya, memampukan transfer data, dan juga sebuah port display yang dapat terambung dengan berbagai port modern yang memampukan untuk bekerja secara mobile dan fleksibel.

Termasuk juga USB Type-C 3 sebuah USB3.0 berukuran penuh dan port HDMI, juga sebuah Slot Kartu microSD.

Unit-unit X-Series menawarkan desain ultra-light dengan Portégé X20W-E setipis 15,4 mm dan berbobot hanya 1,1 kg. Lalu notebook dengan ukuran 15,9 mm tipe Portégé X30-E hanya berbobot 1,05 kg, dan jenis TECRA X40-E dengan ketebalan hanya 16.9mm dan memiliki berat hanya 1,25 kg.

Toshiba TECRA X40-E, Portégé X30-E, dan Portégé X20W-E akan tersedia mulai dari kuartal kedua tahun 2018. Sayang Toshiba belum membeberkan berapa harganya