BANDA ACEH – Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indonesia – Malaysia – Thailand Growth Triangle (IMT- GT) ke- 11 di Singapura bersama delegasi RI lainnya membahas peningkatan kerjasama di bidang konektivitas kawasan serta pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun Lhokseumawe.

Turut hadir Presiden Joko Widodo dalam rangka menyambut Indonesia sebagai Ketua IMT-GT menggantikan Thailand yang secara resmi disampaikan oleh Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan-o-cha usai KTT ASEAN ke-32 yang turut dilaksanakan pada kesempatan yang sama di Singapura.

Menurut Nova Iriansyah agenda utama pembahasan pada sidang KTT tersebut adalah pembangunan kota ramah lingkungan dan pariwisata berkelanjutan, di samping prioritas utama tiga negara untuk meningkatkan konektivitas kawasan.

Dalam kesempatan tersebut, Pemerintah Aceh menurut Nova turut mempromosikan prospek KEK Arun Lhokseumawe yang diharapkan mampu menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di kawasan IMT-GT.

“Dalam bidang konektivitas, Pemerintah Aceh saat ini sedang mempersiapkan dukungan termasuk infrastruktur untuk mewujudkan konekstivitas udara antara Phuket-Langkawi-Pulau Pinang-Sabang-Banda Aceh,” jelas Nova.

Sedangkan untuk konektivitas maritim, pemerintah dari negara terkait setuju untuk menghubungkan Phuket-Krabi-Langkawi-Sabang-Lhokseumawe dalam satu koridor perhubungan sesuai dengan masterplan Connectivity ASEAN.

Sementara Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPTSP) Aceh, Ir. Iskandar mengatakan dalam mendukung inisiatif baru terkait KEK Arun, Gubernur Aceh selaku Ketua Dewan kawasan Ekonomi Khusus Arun sudah memberikan arahan kepada kepala Bapppeda supaya kegiatan priotas infrastuktur dapat dimasukkan dalam usulan Program dan Kegiatan APBN tahun 2019, sehingga akan terjadi percepatan konektivitas dan pertumbuhan ekonomi.

IMT-GT merupakan kelompok kerjasama subregional ASEAN yang bertujuan meningkatkan perkembangan ekonomi di 32 wilayah di tiga negara, yakni 10 provinsi di Indonesia, delapan negara bagian di wilayah utara Malaysia, dan 14 provinsi di wilayah selatan Thailand.

Dalam KTT IMT-GT ke-11 lalu, Presiden Jokowi didampingi Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, dan Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita.